Pengertian GURU Menurut Agus Wibowo


Pengertian GURU menurut Agus Wibowo, adalah seorang yang baik harus menghayati dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh sebutan “GURU” itu sediri. Mengapa..,?  karena “GURU” itu bukan sekedar sebutan tanpa makna. Kata guru jika di jabarkan memiliki beberapa makna yang relevan dengan karakter serang pendidik, diantaranya:

Huruf “G” bermakna gagasan. Artinya semua guru harus memiliki gagasan-gagasan yang baru dan membangun. Gagasan itu tidak sekedar diucapkan dikelas saja, tetapi ada keberanian untuk menyebarkannya melaui tulisan baik berupa masalah Koran jurnal dan sebagainya. Semakin banyak gagasan yang dituangkan di media massa semakin mengukuhkan kredibilitas guru sebagai pencerah bangsa.

Huruf “U” bermakna usaha. Artinya kompetensi, profesionalisme dan perubahan itu bisa di capai dengan usaha. Pendek kata, guru harus gigih berusaha tanpa kenal lelah sebelum tercapai apa yang dicita-citakan. Usaha juga harus di sertai dengan doa. Misalnya dengan membeli buku atau studi lanjut (S1 atau S2). Buku yang di beli tidak sekedar pajangan atau ditumpuk begitu saja, tetapi harus di baca, direnungkan selanjutnya dikembangkan menjadi inspirasi disekolah.

Huruf “R” bermakna rasa yang meliputi asah, asih dan asuh. Setiap guru harus memiliki rasa itu, dan menanamkannya kepada anak didik. Pendidikan yang dibingkai dengan rasa asah, asih dan asuh akan menjadi sepirit  sekaligus menjadi “ pendidikan yang menghidupkan”.

Huruf “U” bermakna harta/uang. Artinya, guru turut memiliki modal yang cukup untuk mencapai profesionalisme dan kompetensi. Uang yang diperlukan untuk meningkatkan martabat dan kewibawaan guru ditengah masyarakat yang serba materialis dan hedonis. Hanya saja, proses mencari uang harus santun, jujur dan bersih bukan dengan membudayakaan KKN.

Itulah penjelasan mengenai pengertian guru menurut Agus Wibowo yang saya kutip dari bukunya yang berjudul Pendidikan Karakter penerbit Pustaka Pelajar 2012 hal 77-79. 



Semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi pengunjung khususnya para bapak/ibu guru di seluruh Indonesia.



1 Response to "Pengertian GURU Menurut Agus Wibowo"

  1. Bagus tuh masah artikelnya :) tentang pendidikan ^_^
    Templatenya juga sama :)
    Nih coba liat aja templatenya

    ReplyDelete