Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

 Asal Usul Aksara Jawa
Dalam materi pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (penjasorkes) di dalam mata pelajaran tersebut tidak hanya di ajarkan bagaimana cara mengolah tubuh agar tubuh menjadi fit dan memiliki daya tahan tubuh yang prima.

Akan tetapi dalam materi penjasorkes ada juga materi tentang bagaimana cara menjaga tubuh agar kita tidak mudah sakit. Dan berikut ini ane akan menyuguhkan ringkasan materi perjasorkes terkait dengan kesehatan gigi dan mulut. Nah bagi anda yang mengajar di kelas satu mungkin ringkasan materi ini bermanfaat. Dan berikut uraian mengenai cara menjaga kesehatan gigi dam mulut.

Kebersihan Gigi
Gigi berfungsi sebagai alat untuk mengunyah makanan. Gigi terdapat dalam mulut, gigi akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan pada tubuh.

Gigi yang prtama tumbuh adalah gigi susu. Gigi susu adalah gigi yang mulai tumbuh pada bayi usia 6 – 9 bulan. Ketika umur 3 tahun, gigi susu tumbuh sempurna.

Seiring dengan pertumbuhan, gigi susu akan tanggal satu persatu. Setelah itu, tumbuh gigi permanen dengan jumlah 32 buah. Jika gigi permanen tanggal, maka gigi tidak akan tumbuh lagi. Gigi termasuk bagian yang keras. Meskipun keras, gigi tidak mudah terkena penyakit jika di rawat dengan baik.

Ada 4 cara untuk menjaga kesehatan gigi:
  • Sikat gigi dua kali sehari
  • Gosoklah gigi setelah makan makanan yang manis dan lengket
  • Pilihlah sikat gigi yang bulu sikatnya lembut
  • Gosoklah gigi dengan cara yang benar
Menjaga kebersihan mulut

Mulut harus di jaga dengan baik agar terhindar dari penyakit mulut yang terkena luka akan menyebabkan penyakit, misalnya sariawan. Kita bisa menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi secara baik dan teratur.

Baca juga  >> Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani


1 Response to "Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut"