3 Tugas Guru yang Kadang Luput dari Perhatian


Jika kita bicara guru, sesungguhnya ia mempunyai tugas yang banyak, baik yang terikat oleh dinas amupun di luar dinas, dalam bentuk pengabdian. Namun demikian tugas guru  ane mencoba mengelompokan tugas seorang guru menjadi tiga jenis tugas yaitu:
  • Tugas guru dalam bidang profesi
  • Tugas kemanusiaan
  • Tugas dalam bidang kemasyarakatan
Ok, kita bahas masing masing dari ketiga tugas di atas.
Pertama, guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Dalam hal ini tidak semua orang dapat melakukannya. Dalam konteks ini guru meliputi mendidik, mengajar, dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan ilm pengetahuan dan teknologi. Atau tugas guru sebagai pendidik bebarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup kepada anak didik.

Sebagai tugas guru sebagai pengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak-anak didik. Sedangkan melatih berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan pada siswa. Atau dengan kata lain tugas guru sebagai pelatih berate mengembangkan ketrampilan dan menerapkannya dalam kehidupan demi masa depan anak didik.

Kedua, tugas guru dalam bidang kemanusiaan di sekolah harus dapat menjadi dirinya sebagai orang tua kedua. Ia harus mampu menarik simpati ia menjadi idola para siswanya. Oleh karena itu harusmampu memahami jiawa dan watak anak didik. Mata pelajaran apapun hendaknya dapat menjadi motivasi bagi siswanya dalam belajar. Jika seorang guru dalam penampilannya sudah tidak manarik, maka kegagalan pertama adalah tidak dapat menanamkan benih pengajarannya kepada siswanya.

Ketiga, tugas guru di bidang kemasyarakatannya. Dalam bidang ini guru mempunyai tugas mendidik dan mengajar masyarakat untuk menjadi warga Negara Indonesia yang bermoral pancasila. Bahkan keberadaan guru merupakan faktor condisio sine quanon yang tidak mungkin digantikan oleh komponen manapun dalam kehidupan bangsa sejak dulu, hingga di era kontemporer.

Guru tidak hanya diperlukan oleh para murid di ruang-ruang kelas, tetapi juga diperlukan oleh masyarakat lingkungan dalam menyelesaikan aneka ragam permasalahan yang di hadapi masyarakat. Jika kita pahami maka tugas guru tidak hanya sebatas dinding sekolah, tetapi juga sebagai penghubung antara sekolah dan masyarakat. 



0 Response to "3 Tugas Guru yang Kadang Luput dari Perhatian"

Post a Comment