6 Kebutuhan Peserta Didik Yang Wajib Dipenuhi Oleh Pendidik

kebutuhan peserta didik

Seorang guru atau pendidik perlu mengenal dan memahami tingkat kebutuhan peserta didiknya, sehingga dapat membantu dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka melalui berbagai aktivitas pembelajaran. Disamping itu dengan mengenal dengan mengenal kebutuhan-kebutuhan peserta didik, guru dapat memberikan pelajaran setepat mungkin sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.

Berikut ini saya akan uraikan 6 kebutuhan peserta didik yang wajib dipenuhi oleh pendidik antara lain:
Kebutuhan Jasmaniah
Sesuai dengan teori kebutuhan menurut Maslow, kebutuhan jasmaniah merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yang bersifat instingtif dan tidak dipenuhi oleh lingkungan dan pendidikan. Kebutuhan-kebutuhan jasmaniah peserta didik yang perlu mendapat perhatian dari guru di sekolah antara lain: makanan, minuman, pakaian, istirahat, kesehatan jasmani, serta terhindar dari berbagai ancaman.

Kebutuhan rasa aman
Rasa aman merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan peserta didik, terutama rasa aman didalam kelas dan sekolah. Setiap siswa yang dating kesekolah sangat mendambakan suasana sekolah atau kelas yang aman, nyaman, dan teratur serta terhindar dari kebisingan dan berbagai situasi yang mengancam.

Kebutuhan akan kasih sayang
Semua peserta didik sangat membutuhkan kasih sayang, baik dari orang tua, guru, teman-teman sekolah, dan dari orang-orang yang berada disekitarnya. Peserta didik yang mendapatkan kasih sayang akan merasa betah, bahagia di dalam kelas, serta memiliki motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Sebaliknya, peserta didik yang merasa kurang mendapatkan kasih sayang akan merasa terisolasi rendah diri, merasa tidak nyaman, sedih, gelisah, bahkan mungkin mengalami kesilitan belajar serta memicu munculnya tingkah laku maladaptive. Kondisi demikian pada gilirannya akan melemahkan motivasi belajar siswa.

Kebutuhan akan penghargaan
Kebutuhan akan penghargaan terlihat dari kecenderungan peserta didik untuk mengakui dan diperlakukan sebagai orang yang berharga diri. Mereka ingin memiliki sesuatu, ingin dikenal, dan ingin diakui keberadaannya di tengah-tengah orang lain. Mereka yang dihargai akan merasa bangga dengan dirinya dan gembira, paandangan dan sikap mereka terhadap orang lain akan positif. Sebaliknya, apabila peserta didik merasa diremehkan, kurang diperhatikan, atau tidak kurang mendapat tanggapan yang positif atas sesuatu yang dikerjakannya maka sikapnya terhadap dirinya dan lingkungan menjadi negatif.

Kebutuhan akan rasa sukses
Peserta didik menginginkan agar setiap usaha yang dilakukannya di sekolah, terutama dalam bidang akademis berhasil dengan baik. Peserta didik akan merasa senang dan puas apabila pekerjaan yang dilakukan berhasil dan merasa kecewa jika tidak berhasil. Ini menunjukan bahwa rasa sukses merupakan suatu kebutuhan pokok bagi peserta didik. Untuk itu, guru harus mendorong peserta didiknya untuk mencapai keberhasilan dan prestasi yang tinggi serta memberikan penghargaan atas prestasi yang dicapai, betapapun kecilnya baik berupa ungkapan verbal maupun memalui ungkapan non verbal.

Penghargaan yang tulus dari seorang guru akan menumbuhkan perasaan sukses dalam diri siswa serta dapat mengembangkan sikap dan motivasi yang tinggi untuk berjuang mencapai gerbang kesuksesan.

Kebutuhan akan agama
Sejak lahir, manusia telah membutuhkan agama dalam dalam kehidupan adalah iman yang diyakini oleh pikiran, diresapkan oleh perasaan dan dilaksanakan dalam tindakan, perkataan, perbuatan dan sikap.

Remaja dalam perkembangannya akan menemui banyaknya hal yang dilarang oleh ajaran agama yang dianutnya. Hal ini akan diperoleh dengan praktik di masyarakat di lingkungannya. Oleh sebab itu pada situasi yang demikian ini peran orangtua, guru, maupun ulama sangat di perlukan.

Demikian 6 kebutukan perta didik yang perlu di perhatikan dan di penuhi oleh seorang pendidik dalam menuntun peserta didik ke pintu gerbang kesuksesa. Semoga bermanfaat.  






0 Response to "6 Kebutuhan Peserta Didik Yang Wajib Dipenuhi Oleh Pendidik"

Post a Comment