Seorang
guru atau pendidik perlu mengenal dan memahami tingkat kebutuhan peserta
didiknya, sehingga dapat membantu dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka
melalui berbagai aktivitas pembelajaran. Disamping itu dengan mengenal dengan
mengenal kebutuhan-kebutuhan peserta didik, guru dapat memberikan pelajaran
setepat mungkin sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Berikut
ini saya akan uraikan 6 kebutuhan peserta didik yang wajib dipenuhi oleh pendidik
antara lain:
Kebutuhan
Jasmaniah
Sesuai
dengan teori kebutuhan menurut Maslow, kebutuhan jasmaniah merupakan kebutuhan
dasar setiap manusia yang bersifat instingtif dan tidak dipenuhi oleh
lingkungan dan pendidikan. Kebutuhan-kebutuhan jasmaniah peserta didik yang
perlu mendapat perhatian dari guru di sekolah antara lain: makanan, minuman,
pakaian, istirahat, kesehatan jasmani, serta terhindar dari berbagai ancaman.
Kebutuhan
rasa aman
Rasa
aman merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan peserta
didik, terutama rasa aman didalam kelas dan sekolah. Setiap siswa yang dating
kesekolah sangat mendambakan suasana sekolah atau kelas yang aman, nyaman, dan
teratur serta terhindar dari kebisingan dan berbagai situasi yang mengancam.
Kebutuhan
akan kasih sayang
Semua
peserta didik sangat membutuhkan kasih sayang, baik dari orang tua, guru,
teman-teman sekolah, dan dari orang-orang yang berada disekitarnya. Peserta
didik yang mendapatkan kasih sayang akan merasa betah, bahagia di dalam kelas,
serta memiliki motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Sebaliknya,
peserta didik yang merasa kurang mendapatkan kasih sayang akan merasa
terisolasi rendah diri, merasa tidak nyaman, sedih, gelisah, bahkan mungkin
mengalami kesilitan belajar serta memicu munculnya tingkah laku maladaptive.
Kondisi demikian pada gilirannya akan melemahkan motivasi belajar siswa.
Kebutuhan
akan penghargaan
Kebutuhan
akan penghargaan terlihat dari kecenderungan peserta didik untuk mengakui dan
diperlakukan sebagai orang yang berharga diri. Mereka ingin memiliki sesuatu,
ingin dikenal, dan ingin diakui keberadaannya di tengah-tengah orang lain. Mereka
yang dihargai akan merasa bangga dengan dirinya dan gembira, paandangan dan
sikap mereka terhadap orang lain akan positif. Sebaliknya, apabila peserta
didik merasa diremehkan, kurang diperhatikan, atau tidak kurang mendapat
tanggapan yang positif atas sesuatu yang dikerjakannya maka sikapnya terhadap
dirinya dan lingkungan menjadi negatif.
Kebutuhan
akan rasa sukses
Peserta
didik menginginkan agar setiap usaha yang dilakukannya di sekolah, terutama
dalam bidang akademis berhasil dengan baik. Peserta didik akan merasa senang
dan puas apabila pekerjaan yang dilakukan berhasil dan merasa kecewa jika tidak
berhasil. Ini menunjukan bahwa rasa sukses merupakan suatu kebutuhan pokok bagi
peserta didik. Untuk itu, guru harus mendorong peserta didiknya untuk mencapai
keberhasilan dan prestasi yang tinggi serta memberikan penghargaan atas
prestasi yang dicapai, betapapun kecilnya baik berupa ungkapan verbal maupun
memalui ungkapan non verbal.
Penghargaan
yang tulus dari seorang guru akan menumbuhkan perasaan sukses dalam diri siswa
serta dapat mengembangkan sikap dan motivasi yang tinggi untuk berjuang
mencapai gerbang kesuksesan.
Kebutuhan
akan agama
Sejak
lahir, manusia telah membutuhkan agama dalam dalam kehidupan adalah iman yang
diyakini oleh pikiran, diresapkan oleh perasaan dan dilaksanakan dalam
tindakan, perkataan, perbuatan dan sikap.
Remaja
dalam perkembangannya akan menemui banyaknya hal yang dilarang oleh ajaran
agama yang dianutnya. Hal ini akan diperoleh dengan praktik di masyarakat di
lingkungannya. Oleh sebab itu pada situasi yang demikian ini peran orangtua,
guru, maupun ulama sangat di perlukan.
Demikian
6 kebutukan perta didik yang perlu di perhatikan dan di penuhi oleh seorang
pendidik dalam menuntun peserta didik ke pintu gerbang kesuksesa. Semoga
bermanfaat.
0 Response to "6 Kebutuhan Peserta Didik Yang Wajib Dipenuhi Oleh Pendidik"
Post a Comment