7 Teknik Membaca yang Efektif

Membaca merupakan aktifitas yang sudah biasa di lakukan oleh manusia (kecuali yang buta huruf hehehe….) baik berupa buku bacaan, koran, majalah komik dll. Pertanyaanya adalah, sudah efektifkah kita dalam membaca sebuah bacaan…? Nah jika belum, berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai tujuh teknik membaca yang efektif.

Posisi Membaca
La wong posisi membaca aja kok bi bahas mas brow.. mas bro. Eeiiiit jangan salah posisi dalam membaca merupakan hal yang sangat penting terkait seberapa lama kita bertahan dalam membaca.

Posisi yang paling tepat adalah posisi duduk yang nyaman,  maksudnya adalah posisi tegak dan nyaman tanpa harus memakasakan punggung. Posisi duduk yang baik adalah posisi yang antara mata dan buku membentuk sudut 90 derajat, jadi kurang lebihnya buku diangkat sedikit dan dan kepala di tundukan. (coba di ingat kembali pelajaran IPA waktu SD mengenai posisi duduk yang baik dan benar).

Gambaran besar dan Tujuan membaca
Gambaran besar dalam membaca dalam memaca sebuah buku adalah dengan  semua informasi yang ada di kaver depan. Biasanya yang ada di kaver depan adalah judul buku, sub judul buku, penulis, pujian terhadap buku, biasanya satu buah. Kemudian lanjutkan ke kaver belakang. Dari Kaver belakang ini kita bisa mendapatkan gambaran tentang buku, sedikit latar belakang dan manfaat yang diberikannya.

Lanjutkan ke daftar isi. Daftar isi ini akan memberikan kerangka apa yang dibahas dalam buku. Seharusnya, dengan melakukan langkah minimal ini kita sudah bisa mengetahui apa yang ingin penulis sampaikan. Atau bisa kita bilang ini adalah kesimpulan. Kesimpulan adalah apa yang diberikan buku (penulis) untuk pembaca.

Selanjutnya adalah tujuan membaca. Kalau kesimpulan adalah apa yang bisa buku berikan kepada Anda, maka tujuan adalah apa yang ingin Anda dapatkan dari buku yang akan Anda baca ini. Menurut Tony Buzan, fakta dari membaca adalah Anda ingin mendapatkan 100 persen apa yang Anda butuhkan bukan 100 persen yang penulis sampaikan.

Jadi jika Anda butuhnya 20 %, 30%, 70 %, sah-sah saja. Kembali ke kebutuhan Anda. Membuat sebuah tujuan akan sangat membantu pikiran Anda untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan dan memilah yang tidak Anda butuhkan. Semakin spesifik sebuah tujuan, semakin baik. Dan tujuan tentunya boleh lebih dari satu.

Pastikan Anda menuliskan tujuan Anda. Karena sebelum dituliskan hanyalah sebuah angan-angan. Dan pikiran Anda tidak akan menanggapinya dengan serius jika belum dituliskan. Tuliskanlah di bagian buku yang kosong. Biasanya di halaman depan.

Kondisi Genius
Bandingkan jika Anda membaca 1 jam dengan pikiran yangmelayang-layang, mengikuti godaan berbagai buah pikir yang selalu mengisi pikiran Anda, dengan ketika Anda membaca dengan fokus selama 10 menit. Mana yang memberikan hasil lebih baik? Tentunya 10 menit membaca dengan fokus.

Fokus yang benar membuat kita bisa memilih hal apa yang ingin menjadi pusat perhatian kita. Cara yang tepat adalah berada dalam kondisi genius. Kondisi genius adalah sebuah kondisi yang membuat tubuh kita nyaman, tenang, pikiran yang tenang. Sehingga kita dengan mudah memilih perhatian yang kita Inginkan.

Kondisi genius adalah sebuah kondisi yang tenang karena kita menurunkan gelombang otak kita dengan sengaja. Untuk mempercepat proses pembelajaran kita harus menurunkan gelombang otak.

Cara sederhana untuk bisa merasakan kondisi genius ringan yang cepat dan mudah adalah dengan cara berikut ini. Letakan telapak tangan kanan di dada kiri dekat jantung Anda. Tarik napas yang dalam, hembuskan dan tutup mata Anda, sambil merasakan detak jantung Anda. Pertahankan kondisi ini selama satu menit untuk mendapatkan perasaan yang tenang. Jangan alihkan pikiran Anda dari detak jantung Anda.

Dengan melakukan hal tersebut, pikiran dan tubuh Anda akan rileks dan nyaman. Anda bisa mulai membaca buku yang Anda inginkan dengan konsentrasi yang baik. Pikiran Anda telah Anda latih untuk mengarahkan pikiran yang terfokus, setelah satu menit, arahkan fokus Anda yang tadinya ada di detak jantung ke buku yang Anda baca.

Membuat Pikiran bawah sadar Familiar
Konsep belajar adalah membuat sebuah informasi menjadi familiar. Ketika sebuah informasi menjadi familiar, maka kita sudah memahami, menguasai informasi tersebut. Tujuan kita membaca atau belajar adalah membuat pikiran bawah sadar kita familiar, yang mana di sanalah memori jangka panjang kita berada.

Jadi setelah pikiran bawah sadar familiar, yang mana kecepatan memproses informasi 100.000 kali lebih cepat dibanding pikiran sadar, membuat pikiran sadar familiar sangatlah mudah dan cepat.

Berinteraksi dengan Buku
Membaca dengan aktif melibatkan 2 hal, berdialog dengan buku dan imajinasi. Mari kita bahas satu persatu. Mulai dari imajinasi. Pikiran kita tidak bisa membedakan mana yang nyata terjadi dan mana yang imajinasi. Bagi pikiran kita itu sama saja. Otak kita tetap membuat sambungan-sambungan neuron, dan pembelajaran pun terjadi.

Berdialog dengan buku artinya kita berinteraksi dengan buku yang kita baca. Bertanya dan mencari jawabannya sendiri. Jika kita bertemu dengan penulis kita bertanya dan penulis menjawab. Namun, dalam proses membaca, kita bertanya, kita perlu aktif  uga mencari jawabannya sendiri.

Kecepatan Membaca yang Tepat
Kecepatan yang tepat dalam membaca adalah memvariasikan kecepatan. Percepatlah pada bagian yang sudah Anda pahami, bagian yang tidak penting dan bagian yang sudah familiar. Perlambatlah pada saat Anda butuh pemahaman, pada bagian yang penting dan baru bagi Anda. Itulah kecepatan yang tepat.

Mind Mapping
Ada dua gaya mencatat. Satu, gaya linear. Ini yang selama ini kita lakukan dari kecil. Yang kedua adalah radial, yang melibatkan otak kiri dan kanan. Melibatkan fun dalam belajar.


Mind map ini tidak semua buku perlu dibuat. Bergantung pada kelompok bukunya. Jika buku yang dicicip yang sudah pasti tidak perlu dibuat. Buku yang dikunyah dan cerna, sudah pasti harus dan wajib untuk mempercepat proses penguasaan materi yang kita baca.

Demikian ketujuh teknik cara membaca yang efektif. Jika informasi yang saya bagikan kurang lengkap pembaca bisa mencari referensi yang lain untuk menambah wawasan mengenai teknik dalam membaca yang efektif. Semoga bermanfaat bagi pembaca setia blog ini.


0 Response to "7 Teknik Membaca yang Efektif"

Post a Comment